Logo

KECAMATAN PUJON

PELAYANAN PATEN KECAMATAN PUJON

BIDANG PELAYANAN PUBLIK

Pelayanan di Kecamatan Pujon terbagi menjadi 2 yaitu Pelayanan non Perizinan dan Pelayanan Perizinan.  Pelayanan Non Perizinan Meliputi :

1. Pelayanan KTP

2. Pelayanan KK

3. Pelayanan Surat Pindah

4. Pelayanan Kartu Kuning

5. Dispensasi Nikah

6. SKCK

Pelayanan Perzinan meliputi :

  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil
  3. Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  4. Tanda Daftar Peternak Rakyat
  5.  Tanda Daftar Nomor Induk Kesenian
  6. Persyaratan Pengurusan Izin Pendirian Lembaga Kursus dan Pelatihan
  7. Izin Tempat Parkir Insidentil
  8. Izin Pendirian Taman Penitipan Anak
  9. Izin Reklame Insidentil
  10. Izin Taman Bacaan Masyarakat
  11. Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Mengajar

 

Dalam Pelaksanaan Pelayanan dibentuklah Tim Petugas Teknis Pelayanan yang terdiri dari

  • Camat
  • Sekretaris Camat
  • Kasi, Kasubag

Yang sudah diterbitkan dengan surat Keputusan Camat Pujon nomor : 188.45/06/35.07026/2018 yang terdiri dari :

  1. Petugas Informasi yang bertugas menyampaikan kelengkapan kepersyaratan dalam pengajuan permohonan dari masyarakat selain kelengkapan persyaratan yang sudah ditempel pada papan pengumuman
  2. Petugas Loket bertugas menerima berkas – berkas permohonan dari masyarakat dan kemudian dilaksanakan proses penyelesaian
  3. Petugas Pemegang Kas bertugas untuk memerima Retribusi IMB Rumah Tinggal dan langsung di setorkan ke Kasda
  4. Petugas Unit Pengaduan dalam pelaksanaan pelayanan selain dibentuk Tim Pelaksana Teknis Pelayanan juga dibentuk Tim Penanganan Pengaduan Masyarakat, Contoh Pengaduan masyarakat yang sudah ditangani dan di selesaikan yaitu pengajuan permohonan surat pindah yang persyaratannya tidak lengkap. Pelaksanaan penyelesaian yaitu dengan memberika pengarahan bahwa warga yang pindah tempat keluar Kabupaten Malang prosesnya harus melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malangdengan persyaratan yang lengkap (harus memiliki KK dan KTP Asli
  5. Petugas tambahan lain : tidak ada penambahan personil karena berkas berkas permohonan tidak banyak

Keberadaan Informasi Pelayanan :

  1. Papan informasi bagan alur pelayanan tidak ada dan yang ada hanya papan pengumuman
  2. Visi dan Misi Pelayanan : Untuk memberikan pelayanan yang cepat
  3. Brosur profil pelayanan ditempel pada papan pengumuman
  4. Website selain digunakan untuk berita kegiatan camat juga digunakan untuk menginformasikan persyaratan pelayanan Paten
  5. Nomor / Daftar Antrian : didalam melaksakan pelayanan tidak memakai nomor/ daftar antrian dikarenakan pelayanan di Kantor Kecamatan Pujon tidak ramai sehingga tidak memakai nomor antrian
  6. Sarana Pengaduan : untuk sarana pengaduan disediakan kotak pengaduan , tetapi tidak ada pengaduan yang melalu kotak pengaduan

Sarana dan Prasarana

Didalam melaksanakan pelayanan kami didukung dengan dengan beberapa sarana dan prasarana antara lain :

  1. Meja Kerja (3 buah) bahan multiplek, HPL, Laci sebelah kanan ukuran panjang 120 Cm lebar 60 Cm dan tinggi 75 cm
  2. Kursi kerja/ Putar (7 buah) model eselon, bahan besi sandaran dan dudukan spoon merk Rakuda
  3. Ac untuk ruang tunggu (1 Buah) 1 PK merk Samsung
  4. Televisi LED (1 Buah) LED 32”  merk KONKA
  5. Running Tex (1 Buah) Display 64x16 Cm
  6. Lemari arsip tiga pintu (1 Buah) bahan kayu jati tinggi 190 cm rak atas 150 cm
  7. Kursi tunggu (10 buah) bahan besi chrom sandaran dan dudukan spoon bungkus coklat
  8. Komputer (2 unit) Prosesor Intel Pentium Dual Core G 2030 RAM Vispro 4 GB Monitor 16” LG 16M35A Merk CPU Dazumba Monitor LG 16”
  9. Printer (2 Unit) Print scan dan copy Merk PIXMA MG 5570

Survei Kepuasan Masyarakat dan Responisasi keluan Masyarakat

  1. Hasil Survey kepuasan masyarakat : untuk indeks kepuasan Masyarakat Tahun 2018 ada peningkatan dibanding dengan Tahun 2017

Tahun 2017 dengan nilai 75.11

Tahun 2018 dengan nilai 77.59

  1. Jumlah Keluhan Masyarakat  : untuk sarana pengaduan disediakan kotak pengaduan , tetapi tidak ada pengaduan yang melalu kotak pengaduan
  2. Jumlah Keluhan masyarakat yang sudah ditindaklanjuti :

Dengan memberika penjelasan yang tepat

 

Produk Hasil Pelayanan :

  1. Jumlah Rekomendasi / Ijin yang ditertibkan dengan SOP, antara lain :
  1. Ijin Mendirikan Bangunan Th 2018 sejumlah 4 Pemohon
  2. Tanda Daftar Nomor Induk Kesenian Th 2017 sejumlah 34 Pemohon dan Th 2018 sejumlah 19
  3. Ijin Usaha Mikro Kecil    Th 2017 sejumlah 7 Pemohon Th 2018 sejumlah  3 Pemohon
  4. Surat Ijin Usaha Perdagangan Th 2017 sejumlah 7 Pemohon Th 2018 sejumlah 12 Pemohon
  5. Tanda Daftar Peternak Rakyat Th 2017 1 Pemohon
  1. Jumlah Permohonan Perizinan / Rekomendasi yang diberikan Camat dalam pelaksanaan Pelayanan yaitu Ijin Gangguna HO
  2. Jumlah Kewenangan perizinan dan non perizinan yang diberikan kepada camat dalam pelaksanaan pelayanan kewenangan perizinan yang diberikan kepada camat ada 11 item, diantaranya :
  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil
  3. Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  4. Tanda Daftar Peternak Rakyat
  5.  Tanda Daftar Nomor Induk Kesenian
  6. Persyaratan Pengurusan Izin Pendirian Lembaga Kursus dan Pelatihan
  7. Izin Tempat Parkir Insidentil
  8. Izin Pendirian Taman Penitipan Anak
  9. Izin Reklame Insidentil
  10. Izin Taman Bacaan Masyarakat
  11. Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Mengajar

Sedangkan yang non perizinan antara lain :

1. Pelayanan KTP

2. Pelayanan KK

3. Pelayanan Surat Pindah

4. Pelayanan Kartu Kuning

5. Dispensasi Nikah

6. SKCK

Pelaksanaan paten dan inovasi Camat

  1. Dalam pelaksaan PATEN telah dibentuk Tim Pelaksana Teknis PATEN pada tanggal 13 Maret 2018 nomor : 188.45/06/35.07.26/2018 (terlampir)
  2. Rapat koordinasi membahas pelaksanaan PATEN dilaksanakan 2 x dalam 1 Tahun (daftar hadir dan notulen terlampir)
  3. Pembinaan dari Camat kepada p;elaksana Teknis PATEN dilaksanakan 2 x dalam se tahun (daftar hadir dan notulen terlampir)
  4. Rapat monitoring dan Evaluasi PATEN dilaksanakan 2 x dalam setahun  (daftar hadir dan notulen terlampir)
  5. Sosialisasi PATEN kepada Masyarakat melalui Rapat Koordinasi dengan Sekretaris Desa
  6. Aplikasi Sipaten sudah dilaksanakan dengan sebaik baiknya sedangkan permasalahan yang dihadapi jaringan internet sering terganggu
  7. Inovasi Camat dalam peningkatan pelayanan PATEN tidak ada

 

 

  

Berita
Site Visit Smart Cities Award 2011

Warta Ekonomi dan Warta eGov untuk pertama kalinya menyelenggarakan penghargaan Smart Cities Award 2011, sebuah penghargaan yang ditujukan kepada kabupaten atau kota yang telah mengimplementasikan teknolo ...

Berita
Lantai 5 Sekda Uji RFID

Bagian PDE sudah memasang alat pembaca RFID di lantai 5 gedung sekda kabupaten malang sejak bulan pertama tahun 2015 dan pada bulan April pemasangan RFID Reader di kantor kabupaten wilayah kota malang. Al ...